Geophone dan Hydrophone Bird Dog III System


BIRD DOG III SYSTEM 
Geophone Test Unit

Pada saat akuisisi data seismik dibutuhkan satu set alat seismik. Metode seismik yang umumnya dilakukan adalah seismik refleksi dan refraksi. Metode seismik baik refleksi maupun refraksi, dibutuhkan alat yang dapat merekam gelombang seismik yang terjadi. Gelombang seismik adalah gelombang yang menjalar di dalam bumi. Alat tersebut berupa Geophone. Geophone adalah alat sensor yang merekam aktifitas gelombang seismik baik itu refleksi, refraksi, maupun tipe gelombang yang lainnya. Setiap pemakaian untuk pengambilan data, Gephone seharusnya dilakukan kalibrasi secara berkala. Untuk itu disini saya ingin mengenalkan tentang bagaimana untuk mengkalibrasi suatu geophone. 

 Sistem Bird Dog III dirancang untuk pengujian kontrol kualitas dan perbaikan unit geophone seismik dan string geophone.  Bird DOg III bersesuaian dengan instrumen DAQLinkIII. Untuk penggunaan software Bird Dog III ini komputer yang sudah terinstal software ini harus terkoneksikan dengan perangkat DAQLinkIII. Adapun tampilan interface dari software Bird Dog III sebagai berikut :
Gambar 1. Tampilan interface dari software Bird Dog III

Apasaja yang dapat dikalibrasi menggunakan software Bird Dog III ini, yang dapat dikalibrasi oleh software Bird Dog III adalah :

Gambar 2. Setting kalibrasi untuk Geophone dengan Bird Dog III

Dengan menggunakan Bird Dog III ini, dapat pula untuk Mode Test-nya. Mode Test ini digunakan untuk mengecek geophone kita apakah sudah sesuai dengan settingan keinginan kita atau tidak. Berikut tampilah mode Test nya. 


Gambar 3 Tampilan Mode Test untuk Bird Dog III pada kalibrasi Geophone

Setelah dilakukan test geophone, maka software Bird Dog III ini akan menampilkan hasil dari test tersebut. Adapun tampilan dari hasil mode test adalah seperti di bawah ini :


Gambar 4 Hasil dari Test Geophone menggunakan software Bird Dog III

Nah gitu men. Buat pengetahuan untuk gimana siih mengkalibrasi geophone itu.. Mudah-mudahan bermaaf ya tulisan saya.. Ohya buat teman-teman jika berminat untuk mendapatkan software ini, teman-teman dapat menghubungi :

Thank you :
Maulana (ANGGIT.MAULANA@gmail.com)


 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar